Jambar adalah sesuatu
yang diterima atau diperoleh seseorang, berdasarkan kedudukannya dalam adat
Batak. Dapat dikatakan, “jambar” itu adalah hak pribadi atau suatu kelompok,
karena kedudukannya dalam hubungan kekerabatan/adat.Dalam kehidupan &
budaya orang Batak, setidak-tidaknya dikenal lima jenis jambar, yakni: jambar ulos; jambar juhut (daging);
jambar hepeng (uang); jambar hata;
jambar pasahathon pasu-pasu (untuk memimpin doa dalam suatu acara
khusus, sesuai dengan agama/iman kepercayaan kelompok yang menyelenggarakan
acara). Kalau ketiga jambar lain relatif tidak menuntut suatu
kemampuan/keahlian khusus dari diri seseorang, karena cukup hanya menerima saja
(paling-paling hanya perlu mengucapkan terimakasih), dua di antara jambar itu
menuntut kemampuan atau kepandaian berbicara di hadapan umum, yakni jambar
hata dan penyampaian doa pasu-pasu. Umumnya “jambar hata” dibagikan kepada orang-perseorangan,
atau beberapa orang dalam satu kelompok (menurut “horong”:
misalnya “horong” hula-hula; boru/bere; ale-ale & dongan sahuta; pemimpin
lingkungan; dan menurut “kelompok Ompu,” di kalangan yang berkakak-adik (dongan
tubu; kerabat semarga); dsb.
Pada dasarnya,
penerima jambar hata selalu terdiri dari beberapa orang dalam
kelompoknya.Sehingga mereka dapat memilih/menghormati
salah satu di antara mereka untuk menyampaikannya (biasanya yang tertua, baik
menurut umur maupun menurut kedudukan dalam “tarombo”; kalau memang mampu. Kalau tidak, jambar akan digeserkan
kepada yang lebih muda, dsb).Ada kalanya kelak, orang-orang tua atau yang
dituakan dalam kelompok, sudah menjadi sangat langka, atau tidak punya
kemampuan menerima kehormatan “jambar hata.” Karena itu, generasi yang lebih
muda harus mempelajari atau mempersiapkan diri untuk itu, kalau mereka sadar bahwa adat
Batak perlu dilestarikan.Seperti suku-suku bangsa lainnya di kawasan Nusantara,
setidak-tidaknya kalangan suku-suku Melayu, semua sub-etnik dalam suku
Batak juga menggunakan pepatah-petitih dalam hal setiap
perhelatan adat; bahkan dalam occasion (peristiwa)
lain, seperti misalnya kematian, kecelakaan,martandang (menemui dan
berbicara dengan gadis-gadis yang diharapkan dapat dipinang), atau hanya
untuk sekedar penyampaian nasehat, dsb.Karena jambar hata (dalam occasion apapun)
seringkali menuntut, atau lebih baik ditutup atau disimpulkan
melalui pengucapan umpama (umpasa), maka ada baiknya adacontoh yang dapat disajikan untuk dikaji/dipelajari oleh generasi muda.
Yang disajikan
di bawah hanyalah umpama (umpasa) yang kami anggap sederhana atau paling
dasar, merupakan standar yang tidak terlalu sulit digunakan secara umum, dalam
berbagai acara (occasion) itu. Kami
menyajikan menurut kelompok penggunaannya.
1. Umpama
dan tanya-jawab pembuka dalam hal menerima/penyampaian
makanan adat:
Dimulai dengan kata basa-basi (prosa)
pembuka dari si penanya, maka
perlu disambung dengan:
Asa, danggur-dangur barat ma tongon tu
duhut-duhut
Nunga butong hita mangan, mahap
marlompan juhut,
Ba haroan ni ulaonta on, dipaboa amanta
suhut.
Atau: Ba, dia ma langkatna, dia unokna
Dia ma hatana, dia nidokna,
Haroan ni ulaonta on,
Tung tangkas ma dipaboa amanta suhut
Respons si-pemberi (pembawa) makanan:
Kata basa-basi pembukan
(prosa), dan disambung:
Asa bagot na marhalto ma na tubu di
robean
Ba horas ma hamu na manganhon, tu
gandana ma di hami na mangalean
Ekstra:
Taringot di Sipanganon na hupasahat
hami rajanami
Molo tung na mangholit hami, sai ganda
ma na hinolit tu joloansa on
Dan ditutup dengan:
Anggo Sintuhu ni Sipanganon masak na
hupasahat hami
Ba, panggabean, parhorasan do rajanami
(tu hula-hula); tu hamu raja ni haha-anggi
(bila makanan itu untuk kawula yang
berkakak-adik)
Sambungan sapaan-pertanyaan dari Si
penerima makanan:
Dimulai lagi dengan kata basa-basi, dan
disambung dengan:
Antong raja ni ……….; Asa tangkas ma uju
Purba, tangkasan uju Angkola
Asa tangkas hita maduma, tangkasan hita
mamora.
Jadi, asa songon hata ni natua-tua
do dohonon:
Siangkup ninna, songon na hundul, jala
Siudur songon na mardalan
Ba, angkup ni angka na uli na denggan,
tung tungkas ma dipaboa amanta suhut,
Asa adong Sibegeon ni pinggol, Sipeopon
ni roha.
Jawaban penutup:
I ma tutu rajanami, nunga apala dipadua
hali raja i manungkun
Ba saonari, tung tangkas ma antong
paboaonnami:
Anggo Siangkupna dohot Sidonganna
rajanami, ima:……..
(dia ceritakan secara Singkat dalam
bentuk prosa, maksud tujuan acara adat itu)
2. Umpama dalam berbagai perhelatan:
Perkawinan (kepada penganten)— Biasanya
umpama ini harus disampaikan dengan jumlah ganjil; mis: satu, tiga, lima, tujuh
dsb. Di zaman modern ini di perantauan (karena soal faktor keterbatasan
waktu), terutama bagi generasi muda, boleh
saja mengucapkan hanya satu saja. Kalau mampu menghafalnya, boleh sampai tiga
umpama:
Contoh:
1) Bintang na
rimiris ma, tu ombun na sumorop Asa anak pe antong di hamu riris, boru pe
antong torop
2) Tubuan
laklak ma, tubuan Sikkoru di dolok ni Purbatua Sai tubuan anak, tubuan boru ma
hamu, donganmu sarimatua
3) Pir ma
pongki, bahul-bahul pansalongan Sai pir ma tondimuna, jala tongtong hamu
maSihaholongan
4) Pinantik
hujur tu jolo ni tapian
, TuSi hamu mangalangka, tuSi ma dapot parsaulian
5) Pangkat-hotang.Tu
dia hamu mangalangka, tuSi ma dapot pangomoan
6) Tangki
jala hualang, garinggang jala garege, Tubuan anak ma hamu, partahi jala
ulubalang, Tubuan boru
par-mas jala pareme.
7) Tubu
ma hariara, di tonga-tonga ni huta, Sai tubu ma anak dohot borumu, Na mora jala na
martua
Kalau “umpama” diucapkan (disampaikan)
hanya satu (Single) di antara umpama di atas, tak tak perlu ada umpama penutup.
Tapi kalau menyampaikan dua atau empat, atau bahkan enam, sebaiknya ditutup
dengan umpama pembuat jumlah-ganjil berikut:
Asa, sahat-sahat ni solu ma, sahat tu
bontean
Sai sahat ma hita on sude mangolu,
Sahat ma tu parhorasan, sahat tu
panggabean.
Bila kita harus menyampaikan ulos
pansamot (kepada orangtua penganten laki-laki) atau kepada besan kita: beberapa
umpama yang relevan antara lain adalah:
1) Andor halukka ma patogu-togu
lombu, Saur ma hamu
matua, patogu-togu pahompu
2) Eme Sitamba-tua ma parlinggoman
ni Siborok, Tuhanta Debata
do Silehon tua, sude ma hita on diparorot
3) Tubu ma dingin-dingin di
tonga-tonga ni huta,
Saur ma hita madingin, tumangkas hita mamora
4) Sitorop ma dangkana,
Sitorop rantingna,
Sitorop ma nang bulungna, Sai torop ma hahana, torop anggina, Torop ma nang
boruna
Umpama di atas, dapat pula
dipakai untuk memberikan kata berkat/pasu-pasu kepada pihak lain, termasuk
dalam bentuk acara “selamatan” lain-lain; dan tentu saja sebaiknya ditutup
dengan ”Sahat-sahat ni solu……dst.”.
Tuntunan dari pihak hula-hula kepada
pihak boru,karena menerima permintaan bimbingan (paniroion)
terhadap pembicaraan pihak-suhut dengan pihak besan-nya:
Lebih dahulu mengucapkan kata basa-basi tuntunan
secara “prosa”, dan diakhiri dengan puisi (umpama) berikut:
Asa balintang
ma pagabe, tumundalhon Sitadoan
Arimuna ma
gabe, ai nunga hamu maSipaolo-oloan
Mangampu (mengucapkan
kata sambutan terimakSih) terhadap kata-kata ucapan syukur dari pihak
hula-hula, atau pihak lain untuk kita:
Setelah mengucapkan kata-kata mangampu secara
“prosa”, maka diakahiri dengan puisi (umpama) berikut:
1). Asa turtu ma ninna anduhur,
tio ninna lote
Sude hata na denggan, hata nauli na
pinasahatmuna i
Sai unang ma muba, unang ma mose.
2). Tingko ma inggir-inggir,
bulungna i rata-rata
Di angka pasu-pasu na nipinasahatmuna,
pasauthon ma Tuhanta Debata
3). Asa naung sampulu pitu ma,
jumadi sampulu-alu
Sude hata na uli na pinsahatmunai,
ampuonnami ma i martonga ni jabu.
Umpama oleh Raja-parhata dari
pihak parboru dalam hal mengucapkan dan akan membagi uang “ingot-ingot”
(setelah menerima porSi dari pihak paranak untuk digabungkan):
Nunga jumpang tali-aksa ihot ni ogung
oloan
Nunga Sidung sude hata, ala tangkas do
hita maSipaolo-oloan
Bulung ni losa ma tu bulung ni indot
Bulung motung mardua rupa,
Sude na tahatai i ingkon taingot
Asa unang adong hita na lupa ….;
Ingot-ingot; ingot-ingot; ingot-ingot.
Umpana dalam waktu menutup pembicaraan
dalam pesta-kawin: dengan cara membagi uang “Olop-olop,” oleh
Raja-parhata pihak parboru,
setelah menerima porsi uang
olop-olop dari pihak paranak
untuk digabungkan:
Asa binanga ni Sihombing ma binongkak
ni Tarabunga
Tu sanggar ma amporik, to lombang ma
satua
Sinur ma na pinahan, jala gabe na niula
Simbur magodang angka dakdanak songon
ulluson pura-pura
Hipas angka na magodang tu pengpengna
laho matua
Horas pardalan-dalan, mangomo nang
partiga-tiga
Manumpak ma Tuhanta dihoraSi hita
saluhutna,…
Asa aek Siuruk-uruk, ma tu Silanlan aek
Toba
Na metmet soadong marungut-ungut, na
magodang sude marlas ni roha…
Olop-olop; olop-olop; olop-olop.
Dukacita: Hanya dalam
keadaan duka-cita yang mendalam, karena kematian di luar bentuk “saur-matua”
(terkadang juga di luar “sarimatua”):
Setelah mengucapkan kata-kata
penghiburan dalam bentuk prosa; maka ditutup dengan puisi (umpama):
Asa songon hata ni umpama ma dohononku:
Bagot na madungdung ma, tu pilo-pilo na
marajar
Sai salpu ma angka na lungun, sai ro ma
angka na jagar.
Atau: Hotang binebebe, hotang
pinulos-pulos
Unang hamu mandele, ai godang do
tudos-tudos.
Nasehat: untuk
yang tak mungkin menikmati/memperoleh lagi sesuatu seperti di masa lalu:
Ndang tardanggur be na gaung di dolok
ni Sipakpahi
Ndang haulahan be na dung, songon
Sibokka Siapari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar